Akhlaq

Figur Muslim Hebat Tauladan Untuk Anak

Bissmillah. Figur hebat yang harus dihadirkan oleh pendidik hebat kepada anak-anak muslim, Allaah telah firmankan dalam Qs. Al-Mumtahanah ayat 4 dan 6 tentang Nabi Ibrahim As dan dalam Qs. Al-Ahzab ayat 21 tentang Nabi Muhammad Saw, dimana keduanya disebut sebagai uswatun hasanah, suri tauladan. Artinya keduanya adalah figur hebat yang harus diperkenalkan kepada anak-anak muslim melalui kisah-kisah atas perintah Allaah Azza wa Jalla.

“Bolehkah kita menghadirkan figur lain selain Nabi Ibrahim As dan Nabi Muhammad Saw?” Insya Allaah, hal ini diperbolehkan, betapa Allaah Azza wa Jalla telah mengisahkan Nabi Adam, Nabi Idris, Nabi Nuh, Nabi Shaleh, Keluarga Imran, Keluarga Luqman, Ashabul Kahfi dan lainnya di dalam Al-Quranul Kariim untuk menjadi pelajaran bagi semua manusia. Jadi sudah konkrit figurnya siapa, seperti apa akhlaqnya, dan mereka semua manusia.

Rasulullaah Saw pun bersabda: “Sebaik-baik orang adalah Abu Bakar. Sebaik-baik orang adalah Umar. Sebaik-baik orang adalah Abu Ubaidah bin Al-Jarrah. Sebaik-baik orang adalah Usaid bin Hudhair. Sebaik-baik orang adalah Sabut bin Qais bin Syimas. Sebaik-baik orang adalah Muadz bin Jabal. Sebaik-baik orang adalah Muadz bin Amr bin Al-Jamuh.” (Sunan At-Tirmizi Jilid 5; 3882). Hal ini pun memperjelas tentang siapa figurnya, seperti apa akhlaqnya dan bagaimana kisah nyatanya. Insya Allaah, sudah riil tinggal diajarkan kepada anak-anak muslim.

Nabi Saw pun menyatakan, “Sebaik-baik wanita di dunia adalah Khadijah bin Khuwalid dan sebaik-baik wanita di dunia adalah Maryam bin Imran.” (Sunan At-Tirmizi Jilid 5; 3980). Hal ini juga mempertegas siapakah figur wanita terbaik yang dapat ditampilkan kepada anak-anak muslim melalui kisah-kisah nyata.

“Adakah figur-figur lainnya lagi?” Untuk menjawab hal ini, kita dapat berpedoman pada Al-Quran dan petunjuk Nabi Saw yang sangat paham terhadap kandungan Al-Quran. Cukuplah kita gunakan patokan operasionalnya, untuk mencari figur-figur yang dapat ditampilkan kepada anak-anak muslim. Berikut adalah beberapa contoh patokan untuk mencari figur.

1.    Figur yang beriman dan beramal shalih karena Allaah

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَٰئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shalih, mereka itulah sebaik-baik makhluk.” [Qs. Al-Bayyinah/98 : 7]

2.    Figur yang melakukan amal kebaikan karena Allaah

Qutaibah menceritakan kepada kami, Abdul Aziz bin Muhammad memberitahukan kepada kami dari Al Ala’ bin Abdurrahman dari ayahnya dari Abu Hurairah: “bahwa Rasulullaah Saw berdiri di hadapan manusia yang duduk lalu bersabda: “Maukah aku memberitahukan kepada mu tentang sebaik-baikmu dari sejahat-jahatmu?” beliau bersabda demikian tiga kali. Lalu seseorang berkata: “Ya, wahai Rasulullaah, beritahukanlah kepada kami tentang sebaik-baik kami dari sejahat-jahat kami.” Beliau bersabda: “Sebaik-baik kamu adalah orang yang bisa diharapkan perbuatan baiknya dan dianggap aman perbuatan jahatnya. Sejahat-jahat kamu adalah orang yang tidak bisa diharap perbuatan baiknya dan tidak bisa dianggap aman perbuatan jahatnya.” Hadis ini adalah sahih. (Sunan At-Tirmizi Jilid 3; 2362)

3.    Figur yang berbuat baik pada keluarga karena Allaah

Muhammad bin Yahya memberitahukan kepada kami, Muhammad bin Yusuf memberitahukan kepada kami, Sufyan memberitahukan kepada kami dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari Aisyah berkata: Rasulullaah Saw bersabda: “Sebaik-baik kamu adalah orang yang paling baik di antaramu kepada keluarganya dan aku adalah orang yang paling baik di antara kamu kepada keluargaku dan apabila temanmu meninggal dunia maka tinggalkanlah (perbuatan) menyebut kejelekannya.” (Sunan At-Tirmizi Jilid 5; 3986).

Dengan demikian para pendidik dapat mencari figur manusia muslim, misalnya orang-orang yang beriman, beramal shalih, gemar menolong sesama muslim dan manusia lainnya, tidak suka menzalimi orang dan binatang atau tumbuhan, tidak suka menghina sesama muslim dan manusia pada umumnya. Intinya dicari figur manusia muslim yang berbuat baik dan tidak berbuat buruk. Alhamdulillah. [rd]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s